Install LAMP SERVER di Debian 9 Stretch

        LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

Komponen-komponen dari LAMP :
1.  Linux – sistem operasi
2.  Apache HTTP Server – web server
3.  MariaDB atau MySQL – sistem basis data
4.  PHP atau Perl atau Python – bahasa pemrograman yang dipakai

Beberapa perangkat lunak yang menggunakan konfigurasi LAMP antara lain MediaWiki dan Bugzilla.

MariaDB(MySQL)
Untuk memulai, instal dan setup bagian database, MariaDB. Secara tradisional, "M" di LAMP adalah singkatan dari MySQL. Namun, MariaDB adalah pengganti drop-in yang tidak dikendalikan oleh Oracle, sehingga cenderung menjadi pilihan yang lebih baik.

Untuk menginstal MaridaDB di Stretch, cukup gunakan apt untuk menginstal paket.

apt install mariadb-client mariadb-server

Selama proses installasi, Anda akan diminta membuat password root untuk MariaDB. Pastikan untuk memilih sesuatu seaman mungkin, karena akan menentukan, sebagian, keamanan database Anda.

Setelah server MariaDB terinstal, Anda bisa login sebagai root user dan mengatur user biasa dan database.
mysql -u root -p

MariaDB kemudian akan meminta password root yang baru Anda siapkan.

Membuat database cukup sederhana. Jalankan saja yang berikut ini.

CREATE DATABASE newdb;

Anda perlu membuat pengguna biasa  untuk menggunakan database yang Anda buat sekarang. Ini adalah ide yang sangat buruk untuk menggunakan pengguna root untuk hal lain selain mengelola MariaDB secara keseluruhan.
CREATE USER 'username'@'localhost' IDENTIFIED BY 'userpassword';

Perintah itu membuat pengguna biasa yang dapat masuk secara lokal dan menetapkan kata sandi pengguna itu.

Agar pengguna tersebut dapat menggunakan database yang baru saja Anda buat, Anda perlu memberi mereka hak istimewa. Setelah itu pengguna dapat mengelola semua hal yang ada di database ini.

GRANT ALL PRIVILEGES ON newdb.* to 'username'@'localhost';

Setelah itu selesai, bersihkan semua hak istimewa dari konsol dan keluar.
FLUSH PRIVILEGES;
quit

Itu saja untuk pembuatan database. Tentu, Anda dapat menyesuaikan bagian ini sesuai dengan kebutuhan Anda.


PHP
Langkah selanjutnya dalam menyiapkan server LAMP adalah menginstal PHP. Pada LAMP, PHP memberi kekuatan pada konten web dan berinteraksi dengan database. Untuk menginstal PHP di Debian Stretch, jalankan perintah berikut.
apt install php7.0 php7.0-mysql
PHP sekarang siap digunakan.



Apache
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.

 

Apache merupakan Web server yang bisa sangat mudah diatur atau sangat sulit, tergantung seberapa mendalam Anda mempelajarinya. 

Install Apache :
apt install apache2 apache2-mod-php7.0

Pengujian Server yang telah di buat.
Secara default, Apache akan mem-server isi /var /www /html dan akan mencari file yang bernama index.php atau index.html. Buat file itu, dan letakkan baris kode berikut di dalamnya.

 nano /var/www/html/index.php
<? php phpinfo (); ?>

Buka browser Anda dan ketik localhost di address bar Anda. Jika Anda tidak melakukan ini secara lokal, ketik nama domain atau IP Anda. Anda harus melihat tabel panjang yang berisi informasi tentang instalasi PHP Anda. Pada titik ini, pemutusan Anda secara resmi bekerja.

Jika Anda menginginkan cara mudah untuk mengelola database Anda melalui antarmuka web grafis, Anda bisa menginstal aplikasi yang disebut, phpmyadmin. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola database Anda menggunakan PHP melalui server LAMP Anda. Untuk memasangnya di Stretch, tarik saja dengan apt.

apt install phpmyadmin

Setelah menginstal paket, Anda dapat menavigasi di browser Anda ke localhost / phpmyadmin Anda akan disambut dengan layar login yang akan menerima kredensial database Anda dan akhirnya, sebuah antarmuka untuk bekerja dengan database Anda.



Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP
               https://id.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server


Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment