Konfigurasi NTP Server pada Debian 8 Jessie

Konfigurasi NTP Server  pada Debian 8 Jessie




      Network Time Protocol (NTP) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui paket-switched, jaringan data variabel-latency. Dalam operasi sejak sebelum tahun 1985, NTP merupakan salah satu protokol Internet tertua yang digunakan saat ini. NTP pada awalnya dirancang oleh David L. Mills dari University of Delaware, yang masih mengawasi perkembangannya. NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi untuk dalam beberapa milidetik dari Coordinated Universal Time (UTC).

Langkah-langkahnya :
1. Install terlebih dahulu paket ntp (server), dan ntpdate (client).
apt-get install ntp ntpdate
 


2. Melakukan konfigurasi ntp-server pada file /etc/ntp.conf.
nano /etc/ntp.conf
  • Kemudian Anda cari baris "server 0.debian...." dengan menekan ctrl+w lalu ketikan kata yang Anda cari lalu tekan enter.

  • Setelah Anda menemukannya, berikan tanda # (pagar) pada setiap server dari 0-3 lalu tambahkan baris ini pada bagian terbawah dari ke-4 server tersebut. Tambahkan "server 127.127.1.0".

  • Kemudian Anda cari baris "restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust", lalu hilangkan tanda pagarnya kemudian ubah menjadi "restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrust".

  • Simpan konfigurasi yang telah Anda buat tadi.
tekan ctrl+x lalu tekan y, kemudian enter.

  •  Kemudian Anda restart service ntp.
/etc/init.d/ntp restart atau service ntp restart

  • Setelah itu, cek ntp-server local sudah bekerja dengan baik atau belum. Jika pada bagian "jitter" bernilai 0.001 atau 0.000, berarti sudah benar tetapi jika belum, Anda dapat memeriksa file ntp.conf.

  • Kemudian, Anda coba dengan mengetes terlebih dahulu melalui server debian langsung.
ntpdate -u 127.0.0.1



Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Network_Time_Protocol




*Semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman*

0 komentar:

Post a Comment