Menambahkan User baru setara dengan Root di Linux


Dengan menambahkan user baru yang setara dengan root, kita bisa meminimalisir penggunaan user root untuk mengakses. Login sebgai user root secara berlebihan bisa mengakibatkan para cracker untuk menyadap data yang ada. Oleh sebab itu kita sebaiknya membuat user baru sebagai pengganti user root.

Saya menggunakan Linux Debian sebagai server. Untuk distro lain langkah-langkahnya sama saja. Berikut langkah-langkah membuat user baru :

1. Buka terminal, lalu login sebagai root

2. Install sudo.
apt-get install sudo
3. Menambahkan user baru.
adduser aku

 Catatan :
  1. user : anda bisa memberikan nama sesuai dengan keingian anda.
  2. password : sebaiknya di isi angka dan huruf, dan sebaiknya password itu bukan nama anda dan tanggal lahir karena mudah di tebak.
4. Konfigurasi sudo
    Disini saya menggunakan perintah "nano" untuk mengedit file "sudoers". Jika server anda belum di insatall nano, anda bisa intall terlebih dahulu.
nano /etc/sudoers

5. Login sebagai user yang telah anda buat.
su aku

Catatan :
  1. aku adalah user yang telah di tambahkan tadi. 
Sudah selesai, Anda bisa mencobanya sendiri di server yang Anda miliki.

Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment