Cara mengecek versi Linux Mint/Ubuntu dan Mengetahui versi kernelnya


 Cara mengecek versi Linux Mint/Ubuntu dan Mengetahui versi kernelnya.



Sebelum kita mencari tahu versi kernelnya, kita kenali terlibih dahulu apa yang dimaksud kernel dan apa itu kenel linux....

       Kernel merupakan program komputer yang mengatur permintaan akan input/output dari perangkat lunak, dan menerjemahkannya ke dalam instruksi-instruksi pada CPU, ataupun komponen elektronik lainnya dalam sebuah komputer. Kernel merupakan bagian yang sangat mendasar pada sistem operasi komputer masa kini.

        Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.

        Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan Abtraksi Hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer.
        

           Kernel Linux adalah kernel yang digunakan dalam sistem operasi GUI/Linux. Kernel ini merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, dirilis dengan menggunakan lisensi GNU General Public License (GPL), dan dikembangkan oleh pemrogram di seluruh dunia. Linux merupakan contoh utama dari Perangkat Lunak Bebas dan sumber terbuka.
Kernel Linux dirilis dibawah License Public Umum GNU versi 2 (GPLv2) dengan bermacam-macam Firmware dengan lisensi tidak gratis yang bervariatif, dan dikembangkan oleh kontributor dari seluruh dunia. Diskusi perkembangan dari hari ke hari dilakukan di Mailling List Linux Kernel.

Perintah untuk mengecek Versi Kernel :


Catatan :
uname -a : menampilkan semua informasi kernel
uname -r : menampilkan release kernel
uname -v : menampilkan versi kernel
uname -o : menampilkan sistem operasi kernel



Perintah untuk mengecek Versi Linux :


Jika Anda ingin menampilkan list/daftar semua kernel yang terinstall di linux, gunakan perintah ini :


source :  
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux_(kernel)
https://id.wikipedia.org/wiki/Kernel_%28ilmu_komputer%29

* Semoga bermanfaat untuk teman-teman *

0 komentar:

Post a Comment